PENGARUH REVOLUSI INDUSTRI 4.0 TERHADAP KOMPETENSI DOSEN (STUDI PADA DOSEN STIE YAPAN SURABAYA)

  • Mutaroh
  • Ira Ningrum Resmawa STIE YAPAN SURABAYA
Keywords: digitalisasi, 4.0, kompetensi dosen, dan yapan

Abstract

Dalam proses belajar mengajar, Seorang Dosen merupakan kunci utama hidupnya sebuah kelas. Pada era digitalisasi, dosen sekarang ini diharapkan mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang ada. Hal ini tentu saja kaitannya dengan tujuan akhir adalah mencetak atau menghasilkan lulusan yang nantinya memiliki daya saing tinggi dan siap berkompetisi. Tujuan tersebut harus didukung dengan kompetensi inti keilmuan (core competence) yang kuat yang wajib dimiliki oleh seorang dosen diantaranya, soft skill, critical thinking, kreatifitas, komunikatif dan mampu berkolaborasi dengan baik dengan mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dosen STIE YAPAN dalam meningkatkan kompetensi pada era digitalisasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan proses belajar mengajar pada era revolusi industri 4.0 sudah menggunakan metode e-learning, joint lecture, dan faktor pendukung kompetensi dosen lainnya. Selain itu, dosen juga berpartisipasi dalam membantu meningkatkan kemampuan mahasiswanya untuk menghadapi era revolusi industri 4.0, hal tersebut dilakukan dengan cara memberikan arahan dan semangat untuk memberikan kesiapan mental mahasiswa baik itu saat dibangku kuliah hingga persiapan untuk menghadapi dunia lapangan kerja setelah lulus kuliah.

Published
2019-10-13